Kumpulan Resep Masakan Indonesia Praktis

Resep Bakso Sapi Lezat Gurih

Bakso sapi, dari namanya saja sudah membuat selera makan jadi melonjak, ada banyak macam cara penyajian untuk resep bakso sapi, yang paling sering dijumpai adalah dicampur dengan mie dan bihun serta ditambahkan bagian atasnya dengan daun bawang atau daun seledri . anda pasti penasaran bagaimana cara membuatnya. Disini akan dijelaskan resep bakso sapi, tapi sebelumnya saya peringatkan untuk berhati-hati, karena anda pasti akan ketagihan. he he... Oks..Mari kita persiapkan bahan-bahannya, antara lain :
  • 1 kg daging sapi yang digiling
  • 200 gram tepung kanji
  • 100 gram es batu
  • ½ kg bawang putih yang dihaluskan
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sendok teh lada bubuk
Resep Bakso Sapi

Apabila semua sudah tersedia maka saatnya untuk cara membuat bakso sapi, yang adalah sebagai berikut :
  1. Mulailah dengan mencampurkan es batu dengan daging sapi, telur serta bumbu bakso sapi. Aduk dan juga haluskan campuran tersebut memakai blender ataupun mixer. Pakai tangan juga bisa, bisa pegal.
  2. Sambil mencampurkan adonan tadi, mulailah tambahkan tepung kanji sedikit-sedikit sambil diaduk sampai merata,lalu tuanglah bahan ini di wadah lain.
  3. Bentuklah adonan sesuai ukuran yang anda mau,biasanya menggunakan sendok makan, kalau mau bentuk yang lebih besar pakailah sendok sayur sop. Setelah terbentuk langsung masukkan bakso ke air yang sudah didihkan.
  4. Angkat bakso yang sudah mengapung di air mendidih karena itu tandanya bakso tersebut sudah matang.
Selanjutnya untuk resep bakso sapi adalah buat kuah untuk pelengkap, siapkan dulu kuah kaldu dengan cara memasak air yang dicampur dengan tulang sapi agar kuah berkaldu atau juga bisa dengan bumbu kaldu perasa daging sapi yang banyak dijual jadi. Tambahkan ½ bawang putih yang dihaluskan, beberapa takaran sendok garam ( dirasakan dulu sebelum ditambahkan agar tidak terlalu asin ), tambahkan juga satu sendok makan gula pasir, 1 sendok kecil bubuk lada. Masak hingga mendidih.
Baca juga: Resep mie ayam bakso praktis enak
Yang terakhir dalam resep bakso sapi adalah penyajiannya, yaitu dengan merebus mie kuning dan bihun, campurkan dengan daun seledri dan bawang goreng, lalu siramkan dengan kuah yang sudah mendidih. Selanjutnya tinggal terserah anda dalam berkreasi untuk mendapatkan rasa yang sesuai selera, bisa ditambahkan dengan kecap manis ataupun saos sambal. Selamat mencoba membuat bakso sapi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Bakso Sapi Lezat Gurih

0 komentar:

Post a Comment